Floating Right
DALDIGITAL.NET - Toko Online Kamera Digital promo murah diskon dan bergaransi resmi
Others
News
8 September 2014
10 Foto Super Keren dengan Lensa Fisheye
Referensi foto menggunakan lensa fish eye detail

23 Agustus 2014
Tips Belanja Online Kamera Digital
Beberapa tahun terakhir perkembangan toko kamera online di Indonesia semakin pesat dan juga semakin banyak. Untuk daerah-daerah yang tidak memiliki toko yang menjual peralatan fotografi umumnya stok dan variasi pilihan peralatan yang dijual masih terbatas. Toko perlengkapan kamera online sudah tentu menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. detail

17 Maret 2014
Aksesoris Wajib untuk Pengguna Kamera DSLR
Saat membeli sebuah kamera DSLR, biasanya akan ditawarkan pula berbagai macam perlengkapan fotografi oleh si penjual. detail

» index berita
Testimonial
Dyan Pratiwi
Selamat Pagi, Daldigital sangat sangat recommended seller. COD di kalibata city, ontime, orang daldigitalnya juga helpful. Untuk ukuran saya yang baru order pertama kali ini puas banget. Sukses terus ... detail

fenty ferary
Sy pesan nikon s3500 tgl 27 agst pagi, cust service nya fast respon, siang sy transfer, malemnya dpt resi pengiriman. Dan tgl 28 agst 2014 barang dtg, packingnya rapi, kondisi barang oke. Oya, utk hrg... detail

HARI S.UTOMO
Bravo, Dal Digital, kiriman dah mendarat di Banyuwangi sore ini. Semoga tetap eksis dan tambah prof. Tuhan memberkati

Jihan, Slawi
Alhamdulillah cm nunggu 3 hr camera perdana saya dtg,makasih ya mas atas pelayanannya memuaskan sekali,saya udah 5 th suka bl brg lewat on line,tdnya sih ragu2 tp setelah lht testimoninya sy jd percay... detail

Rezky R
[URL]
Terima kasih banyak daldigital, pesenannya udah sampe, barusan aja COD sama kurirnya hehe. Pesen pagi, sore udah CODan, mantaplah.

» isi testimonial
» lihat testimonial
News

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KAMERA PROSUMER

4 Januari 2013

Kebutuhan kamera sebagai wujud penggemar motret-memotret semakin besar seiring dengan makin membanjirnya berbagai merk dan type kamera di pasaran. Berbagai model, fitur dan kecanggihan ditawarkan dengan harga yang semkain murah. Namun masih banyak dari kita yang belum mengetahui kamera apa yang cocok dengan kebutuhan kita yang sebenarnya. Karena kebutuhan hobby, dokumentasi, travelling atau belajar fotografi memiliki spesifikasi berbeda-beda untuk pemilihan kamera.

Secara umum terdapat 3 pilihan type kamera yaitu Compact camera, Prosumer dan DSLR. Orang awam kebanyakan memilih compact camera dengan alasan mudah dibawa kemana-mana dengan pengoperasian point and shoot. Simple bukan ?

Gambar 1

Gambar 1. Perbandingan kamera compact, prosumer dan DSLR

Namun bagi penggemar fotografi yang ingin belajar lebih dalam dan ingin mengeksplorasi lebih jauh membutuhkan kamera yang tidak hanya “point and shoot”, karena jenis kamera ini memiliki beberapa keterbatasan dan pengoperasiannya serba otomatis. Padahal untuk menghasilkan hasil foto yang baik dibutuhkan fitur yang lebih menunjang. Untuk itu dibutuhkan kamera yang lebih pro atau tingkat lanjut yaitu kamera prosumer dan DSLR.

Bagi yang terkendala dengan budget, DSLR bukanlah pilihan yang tepat. Karena harga yang ditawarkan masih cukup tinggi bagi sebagian orang. Belum lagi dibutuhkan tambahan asesoris untuk melengkapi kebutuhan kamera ini. Model dan bentuknya juga cukup besar dan berat untuk ditenteng kemana-mana. Tidak dipungkiri DSLR memiliki kualitas foto yang baik dengan kemampuan bisa mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan.

Produsen kamera mencoba menjembatani kebutuhan penggemar fotografi yang memiliki dana terbatas, namun membutuhkan kemampuan kamera yang handal digunakan sehari-hari. Jenis kamera yang mampu mengcover berbagai kondisi dengan kemudahan dibawa kemana-mana. Untuk itu produsen mengeluarkan type kamera yang berada diantara compact camera dan DSLR yang dikenal dengan kamera Prosumer.

Di awal diperkenalan kamera prosumer, harga DSLR cukup tinggi, padahal kebutuhan fotografi profesional dengan budget terjangkau sangat dicari oleh kalangan pecinta fotografi. Sehingga banyak produsen mengeluarkan produk-produknya. Meskipun dalam perkembangannya saat ini harga DSLR semakin murah, tidak menyurutkan keinginan orang-orang mencari kamera jenis ini. Karena dengan kamera ini pemakai dapat memaksimalkan kemampuan dan kreativitasnya dalam memotret berkat keleluasaan pengaturan eksposure manual dan dukungan lensa yang cenderung lebih panjang dari kamera poket atau lensa standard DSLR.

Kelebihan Prosumer

Kamera digital prosumer memiliki bodi mirip kamera DSLR dan berlensa panjang namun tidak bisa dilepas-pasang layaknya lensa pada kamera DSLR. Hal ini yang menjadi salah satu kelebihan prosumer dibanding kamera lain, yaitu lensa zoom terpasang yang panjang. Malah boleh dikatakan lensa ultra zoom atau super zoom karena memiliki zoom optic 20x bahkan lebih. Jadi cukup dengan lensa terpasang yang ada sudah bisa menjangkau obyek baik dekat maupun jauh. Berbeda dengan kamera compact yang rata-rata memiliki zoom optik kecil atau DSLR yang harus menganti lensa dengan yang lebih panjang untuk menjangkau obyek yang jauh, kamera prosumer menjadi unggul dengan fitur ini.

Gambar 2

Gambar 2. Optical zoom di kamera

Untuk ukuran lingkaran lensa, prosumer cenderung lebih kecil dari pada DSLR dan lebih besar dari compact. Hal ini dikarenakan ukuran sensor yang digunakan prosumer lebih kecil dari DSLR dan lebih besar dari compact. Ini salah satu yang perbedaan mendasar diantara ketiga jenis kamera ini. Dan ini akan berkaitan dengan kemampuan kamera mengolah gambar. Semakin besar sensor, maka hasil olahan semakin baik.

Gambar 3

Gambar 3. Perbandingan ukuran lingkaran lensa compact, prosumer dan DSLR

Untuk fitur, kamera prosumer menyerupai DSLR. Setingan programnnya bisa diatur secara manual. Aperture/diafraghma, ISO dan Shutter Speed bisa diatur secara manual. Sehingga kreatifitas kita tidak di batasi oleh sistem yang otomatis. Di kamera compact, semua dijalankan secara otomatis. Dan yang lebih memikat, hampir semua prosumer memiliki kemampuan rekam video dan fasilitas Live View. Yang mana fasilitas ini belum semua DSLR memilikinya.

Gambar 4

Gambar 4. Fitur live view di kamera prosumer

Dengan kemampuan dan tekhnologi yang ada, prosumer dianggap lebih praktis untuk fotografi sehari-hari. Dengan haarga dan berat yang lebih ringan dari DSLR, membuat prosumer menjadi pilihan sementara orang. Untuk memotret macro, landscape, sport dan night shot pun masih memungkinkan dilakukan dengan baik, meskipun ada beberapa keterbatasan. Khusus untuk malam hari, beberapa type prosumer menambahkan fitur dudukan flash external yang berguna untuk dipasangkan flash dengan daya lebih besar.

Kekurangan Prosumer

Sensor prosumer yang lebih kecil disbanding DSLR berakibat kualitas hasil foto tidak bisa sebaik kamera DSLR, dan akan semakin kalah bila dipakai pada kondisi kurang cahaya (saat memakai ISO tinggi). Jadi harus pandai mensiasatinya dengan tetap mensetting pada ISO rendah, maksimal ISO 400 agar masih menghasilkan foto yang baik.

Kecepatan auto focus dan jeda antar satu foto dengan foto selanjutnya juga merupakan kendala bagi yang membutuhkan moment penting dan cepat. Apalagi jika obyek bergerak cepat, kamera prosumer agak kesulitan mengejar fokusnya. Di samping itu, kondisi kurang cahaya juga merupakan saat sulit untuk memfokuskan pada obyek.

Tips Memilih Kamera Prosumer

Tuntutan akan kebutuhan fotografi profesional dengan budget terjangkau membuat kamera prosumer makin dicari. Untuk itu ada beberapa fitur yang harus dimiliki untuk memaksimalkan hasil foto.

Exposure PSAM

Pilihan exposure yang juga dimiliki oleh DSLR, penting diperhatikan. Karena fitur ini yang bisa memaksimalkan kreativitas dalam memotret. Yang yang belajar fotografi, fitur ini wajib dimiliki. Program Mode (P) yaitu kamera yang menentukan nilai shutter dan aperture secara otomatis, jadi untuk pemula biasanya cocok dengan mode ini. Shutter-priority mode (S/Tv) yaitu kita yang menentukan kecepatan shutter sementara kamera akan mencarikan nilai bukaan diafragma yang terbaik. Aperture-priority mode (A/Av) kebalikan dari mode (S/Tv), kita menentukan diafraghma sementara kamera mencarikan kecepatan shutter yang pas. Yang terakhir Manual mode (M), dimana mode full-manual ini fotograferlah yang bertugas sebagai penentu baik nilai shutter dan aperture. Di mode ini dibutuhkan pemahaman akan eksposure yang baik, dalam arti fotografer harus mampu untuk mengenal kondisi cahaya pada saat itu dan dapat membayangkan berapa nilai shutter dan aperture yang diperlukan.

Gambar 5

Gambar 5. Mode PSAM di kamera prosumer

Kekuatan Lensa

Pilih lensa yang memiliki bukaan besar semisal f/2.0-2.8. Dengan spesifikasi lensa seperti ini, kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih baik. Kemudian perhatikan rentang zoom yang dimiliki. Semakin panjang zoomnya, maka semakin jauh jangkauannya. Saat ini banyak produsen yang menyediakan type prosumer dengan zoom optic 18 X – 30 X. Dengan rentang panjang ini, sulit ditandingin kamera DSLR. Disamping itu, usahakan pilih lensa yang bermula dari 24mm atau 28mm, karena memiliki kemampuan mendapatkan foto-foto wideangle yang dramatis.

Ukuran Sensor

Semakin besar ukuran sensor, maka semakin baik hasilnya. Terutama ketika berada di kondisi kurang cahaya akan sangat membantu dalam memaksimalkan kualitas foto. Ukuran minimal 1/1,7 inci atau umumnya 2/3 inci.

Format File RAW

Bagi professional fotografi, format itu sangat berarti. Format tersebut memperhatikan detail, degradasi, dan ketajaman warna. Format yang umum dimiliki kamera digital adalah JPG/JPEG. Sedangkan format RAW mempunyai beberapa keunggulan pada detail dan kaya warna karena menyimpan data-data kamera apa adanya / data asli, jadi ukurannya besar sekali tapi sekaligus merupakan data atau hasil yang paling detail karena tidak ada data yang hilang karena kompresi. Keunggulan format tersebut, detail masih terlihat jika diperbesar. Selain itu, format tersebut dapat dengan mudah mengontrol exposure dan memperbaiki kontras warna.

Flash Hot Shoe

Banyak prosumer masa kini yang telah dilengkapi dengan dudukan flash eksternal, sehingga keterbatasan prosumer di kondisi kurang cahaya dapat disiasati dengan memasang lampu kilat eksternal (flash hot-shoe) yang berdaya lebih besar. Bahkan bisa dibouncing keatas bawah atau kiri kanan tergantung kemampuan flashnya.

Gambar 6

Gambar 6. Dudukan flash hot shoe di bagian atas kamera

Asesoris Lensa

Lensa pada prosumer tidak dapat dilepas atau diganti. Hal ini tidak menjadi kendala, karena masih bisa memaksimalkan kekuatan lensa dengan menambahkan converter lens. Ada 2 pilihan, yaitu wide converter dan tele converter. Disamping itu lensa juga bisa dipasangkan filter pelindung untuk menjaga permukaan lensa. Ada pula sesoris berupa lens hood, berfungsi untuk menghindari cahaya matahari langsung jatuh ke lensa.

Movie

Kamera prosumer ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi camcorder yang bisa merekam video. Bahkan ada yang bisa merekam video berkualitas HD dan Full HD. Ini merupakan nilai tambah bagi yang senang dengan video berkualitas baik.

Dengan kemajuan tekhnologi dan penambahan berbagai fitur di kamera prosumer akan semakin memanjakan pecinta fotografi dalam memilih kamera yang cocok untuk kebutuhan. Dengan beban lebih ringan dan harga terjangkau, Anda sudah bisa memuaskan kreativitas memotret dalam keseharian.

Berikut pilihan Kamera Digital Prosumer
BEN Q    GH600 + 8g        Rp1,550,000
CANON    PS SX510        Rp3,000,000
FUJI    S4300 + 8g + tas        Rp1,745,000
FUJI    HS25 EXR + 8g    Rp3,475,000
NIKON    P520    Rp3,350,000
OLYMPUS    XZ 1    Rp4,095,000
PENTAX    X-5 + 8g        Rp2,725,000
SAMSUNG    EX2    Rp3,975,000
SONY    DSC-H200 + charger    Rp2,145,000
SONY    DSC-H300 + Charger    Rp2,375,000

Klik Spesifikasi Lengkap

Logo



Baca juga
  » 8 September 2014
10 Foto Super Keren dengan Lensa Fisheye
Referensi foto menggunakan lensa fish eye

  » 23 Agustus 2014
Tips Belanja Online Kamera Digital
Beberapa tahun terakhir perkembangan toko kamera online di Indonesia semakin pesat dan juga semakin banyak. Untuk daerah-daerah yang tidak memiliki toko yang menjual peralatan fotografi umumnya stok dan variasi pilihan peralatan yang dijual masih terbatas. Toko perlengkapan kamera online sudah tentu menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

  » 17 Maret 2014
Aksesoris Wajib untuk Pengguna Kamera DSLR
Saat membeli sebuah kamera DSLR, biasanya akan ditawarkan pula berbagai macam perlengkapan fotografi oleh si penjual.

  » 22 Februari 2014
5 PILIHAN KAMERA DSLR untuk PEMULA 2014
Banyak orang yang bingung menggunakan kamera DSLR miliknya. Padahal kamera yang digunakan termasuk canggih dengan fitur lengkap. Tentunya sebanding dengan harganya yang mahal. Ternyata kamera yang canggih terkadang lebih sulit dipahami, apalagi kalau baru pertama kalai pakai DSLR.

  » 18 Januari 2014
Tips Mudah Memotret Sunrise, Sunset dan Siluet
Bagi traveller, ketika sedang melakukan perjalanan banyak spot-spot indah yang dilihat. Rasanya hampir semua titik ingin diabadikan dalam jepretan kamera. Hasil foto menjadi catatan penting dalam sebuah perjalanan. Dan terkadang hasil foto mampu lebih banyak berbicara tentang keindahan perjalanan.

Others
Product Scroller
Information
19 user sedang online
Anda pengunjung ke-1,088,468
Dal Digital 1
daldigital
Dal Digital 2
daldigital02
Dal Digital 3
daldigital03
Pembayaran
BCA

BCA No 2721 54 3996 a/n ELYUFIAL PERSANSA DIEN Cabang Gudang Peluru Jakarta Selatan


Mandiri

MANDIRI No 124 000 4646460 a/n ELYUFIAL PERSANSA DIEN Cabang Tebet Soepomo Jakarta Selatan


COD

Cash on Delivery (COD) wilayah Jakarta


Search
Search:
Others
Others

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
GSM 08129040703 / 087859656060 / 081532109020
Office 021-94904220 / 021-93010348 / 021-44661200
SMS : 08129 04 07 02 / 0896 9594 5005
PIN BB : 29D8CDA1
WA : 08129040703

Jam Operasional : 09.00 - 16.00 (Senin-Sabtu)

© 2009 www.daldigital.net


Toko Online