Kolaborasi Plan Indonesia dan Microsoft, Luncurkan Program AI TEACH for Indonesia - DalDigital

Kolaborasi Plan Indonesia dan Microsoft, Luncurkan Program AI TEACH for Indonesia

Rabu, 7 Februari 2024 - 22:50

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Daldigital – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan Microsoft berkolabirasi dengan meluncurkan program AI TEACH for Indonesia. Seperti apa program dengan teknologi AI ini?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Maraknya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) di Asia Tenggara telah menjadi kekuatan yang menentukan dan diharapkan akan memberikan kontribusi sekitar USD 1 triliun terhadap PDB Asia Tenggara pada tahun 2030, dengan Indonesia diproyeksi menyumbang USD 366 miliar di antaranya.

Mengakui peran penting AI ini, pelatihan AI menjadi semakin krusial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Guna mendukung tujuan tersebut dan memberdayakan pekerja serta pencari kerja dalam meningkatkan karier dan bisnis mereka, Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan Microsoft meluncurkan program AI TEACH for Indonesia.


Baca Juga:
Model Bahasa Kecil Baru Buatan Microsoft Mampu Ungguli ChatGPT

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendidikan vokasi di Indonesia. Sebagai bagian dari payung besar AI TEACH for ASEAN yang bekerja sama dengan ASEAN Foundation, AI TEACH for Indonesia bertujuan untuk memberikan pelatihan AI kepada 5.000 pendidik yang tersebar di SMK-SMK di Indonsia.

READ MORE :  Hasil Studi Cloudflare, Indonesia Rugi Rp 15 Miliar akibat Insiden Keamanan Siber

Menggunakan Microsoft AI Trainer Toolkit, program ini akan memungkinkan pendidik untuk mengajarkan konsep-konsep AI secara efektif, serta memperkenalkan Microsoft dan LinkedIn Career Essentials in Generative AI kepada siswa; membekali mereka dengan keterampilan utama untuk menyelesaikan kursus dan mendapatkan sertifikasi.

Dengan kolaborasi bersama lembaga local nonprofit, lembaga tenaga kerja, dan pemerintah, AI TEACH for Indonesia dimulai dengan memberikan pelatihan bagi 5.000 pengajar SMK terlebih dahulu (training of trainers). Para pengajar selanjutnya akan melatih 300.000 murid SMK, dan mendampingi sedikitnya 60.000 murid untuk memperoleh sertifikasi penyelesaian.

Baca Juga:
Microsoft Rilis Pembaruan Bing Chat Baru, Widget di iOS Kini Sudah Hadir

Harapannya, para murid dapat memperoleh peluang kerja dan pendidikan yang lebih baik, sembari membawa perubahan positif kepada sistem pendidikan vokasi, dengan mengintegrasikan keterampilan AI yang sesuai kebutuhan industri.

Plan Indonesia berkomitmen untuk memastikan kemampuan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dapat dikuasai oleh semua, termasuk guru dan murid SMK, terutama mereka dari keluarga rentan. Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan akses terhadap ketenagakerjaan bagi kaum muda, khususnya perempuan, dalam setahun mendatang, kami akan bekerja sama dengan guru dan institusi pendidikan kejuruan untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja digital,” ujar Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia.

READ MORE :  Honkai Impact 3 Siap Rilis Update v7.2 Sayap Menuju Mars

Untuk mendukung training-of-trainers, hackathon nasional juga akan diselenggarakan di Indonesia. Hackathon ini bertujuan meningkatkan antusiasme di kalangan pengajar untuk mengintegrasikan keahlian mereka dalam Generative AI ke dalam metode pengajaran.

Baca Juga:
Kendati Sudah Disentil OpenAI, Microsoft Nekat Meluncurkan Versi Terbaru Bing Chat

Setelah itu, akan diadakan sesi roundtable kebijakan pendidikan vokasi tingkat Asia Tenggara tentang AI untuk mengundang pembuat kebijakan, ahli AI, dan lembaga nirlaba dalam berbagi pengalaman dan praktik terbaik.

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia menyampaikan, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Plan Indonesia untuk memastikan semakin banyak individu di Indonesia memiliki keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di era AI. Bersama-sama, kita akan berupaya menutup kesenjangan keterampilan, memberikan peluang untuk kesuksesan, menciptakan nilai ekonomi baru berbasis AI, dan memberdayakan para pengusaha masa depan—dimulai dari hari ini.”

Baca Juga:
OpenAI Ingatkan Microsoft tentang Perilaku Aneh dari Bing Chat

READ MORE :  Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact Hadir di Jakarta

Berita Terkait

Hardisk Eksternal Ideal untuk Penyimpanan Data Besar
4 Hero Tank Paling Kuat di META Mobile Legends Juni 2024
Kelebihan POCO Pad, Tablet Baru dengan Xiaomi HyperOS dan Snapdragon 7s Gen 2
Update Baru WhatsApp, Tingkatkan Fitur Panggilan Semua Perangkat
7 Pro Player Valorant Asal Indonesia Meramaikan VCT Pacific Stage 2
Resmi Masuk Indonesia, Cek Harga Vivo X Fold3 Pro dan Vivo X100 Series
Redmi 13 Resmi Mulai Penjualan Offline, Cek Berapa Harganya
Asus Pamerkan Hardware PC Terbaru dan yang Akan Datang

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:28

Hardisk Eksternal Ideal untuk Penyimpanan Data Besar

Selasa, 18 Juni 2024 - 12:24

4 Hero Tank Paling Kuat di META Mobile Legends Juni 2024

Senin, 17 Juni 2024 - 12:03

Kelebihan POCO Pad, Tablet Baru dengan Xiaomi HyperOS dan Snapdragon 7s Gen 2

Minggu, 16 Juni 2024 - 11:39

Update Baru WhatsApp, Tingkatkan Fitur Panggilan Semua Perangkat

Jumat, 14 Juni 2024 - 14:04

7 Pro Player Valorant Asal Indonesia Meramaikan VCT Pacific Stage 2

Kamis, 13 Juni 2024 - 12:40

Redmi 13 Resmi Mulai Penjualan Offline, Cek Berapa Harganya

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:23

Asus Pamerkan Hardware PC Terbaru dan yang Akan Datang

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:20

Game Kartu Pokemon Hadirkan Set Kolektor “Topeng Transfigurasi” hingga Tiktok Challenge Bersama JKT48

Berita Terbaru